Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Anak Pandai Merapikan Mainan Lego Robot Sendiri

Apabila Anda memiliki banyak koleksi lego robot di rumah, maka sangat penting untuk mengajarkan si kecil agar pandai dalam merapikan mainan tersebut. Terlebih, lego sendiri merupakan salah satu permainan yang sangat asyik dimainkan. Jangan sampai anak keasyikan sehingga tidak mau merapikan lego.

Bagaimana Cara Agar Merapikan Mainan Lego Robot

Sebagai orang tua, tentu akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk mengajarkan si kecil bagaimana cara merapikan mainan dengan baik. Terlebih, mainan lego sendiri berupa kepingan-kepingan balok yang bisa berceceran di mana saja. Untuk itu, terapkan beberapa cara merapikan ini:

1.   Jelaskan Alasan Merapikan

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menjelaskan terlebih dahulu mengapa sangat penting bagi si kecil untuk merapikan mainan tersebut. Sebagai salah satu alasan, maka pilih saja tentang kebersihan. Jika anak malas membereskan mainan tentu saja mainan tersebut mudah kotor.

Lego Robot

Adapun alasan lainnya adalah dapat menyebabkan bahaya karena dapat mengenai kaki saat berjalan. Dengan begitu, saat si kecil mulai malas dalam membersihkan mainannya, maka tentu saja Anda hanya perlu memberikan penjelasan mengenai alasan-alasan tersebut.

2.   Gunakan Timer

Hal ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan si kecil dalam merapikan mainan lego. Anda dapat memanfaatkan timer agar mereka lebih semangat dalam merapikan mainan tersebut. Akan tetapi, sangat penting juga untuk mendampinginya.

Anda dapat memberikan semangat ataupun pujian kepada mereka ketika sudah mau menjalankan tanggung jawab dan tugasnya untuk merapikan mainan. Jika perlu, langsung saja atur durasi waktu yang diperlukan dalam merapikan setiap mainan yang ada.

3.   Ajak Bermain Game

Cara satu ini dapat dilakukan dengan cara menjadikan aktivitas untuk merapikan mainan sebagai sebuah game. Dengan begitu, si kecil tentu akan lebih tertarik dan tidak mudah bosan saat merapikan setiap kepingan lego yang sudah digunakan sebelumnya.

Anda dapat mengubah aktivitas memainkan lego tersebut menjadi sebuah permainan tersendiri. Anak-anak tentu tidak akan keberatan saat ingin merapikan mainan tersebut. Mereka tentu akan sangat antusias untuk segera merapikannya.

4.   Gunakan Instruksi

Selanjutnya, Anda juga perlu menggunakan instruksi yang cukup spesifik. Hal ini berarti, sangat penting untuk menjelaskan kepada si kecil mengenai keharusan dalam merapikan mainan. Pastikan juga untuk memberikan bahasa yang mudah dipahami dan tidak menyinggung atau menjelekkan anak-anak.

Lantas, bagaimana cara memberikan instruksi yang baik? Sebagai contohnya, Anda dapat menggunakan kalimat-kalimat yang lebih spesifik. Agar tidak hanya membereskan mainan saja, si kecil tentu akan lebih mudah diarahkan dalam memindahkan mainan lego ke tempat semula.

5.   Berikan Pilihan

Selain beberapa cara di atas, masih ada cara lain yang dapat juga Anda terapkan. Contohnya saja saat si kecil sudah selesai memainkan lego dan ingin menggambar pada buku. Anda dapat memberikan pilihan kepada si kecil untuk membersihkan lego terlebih dahulu atau tidak bisa menggambar.

Jika sudah selesai dengan permainan lego, tegaskan juga bagi si kecil bahwa permainan selanjutnya dapat dilakukan dengan merapikan permainan saat ini. Apabila si kecil paham, tentu akan lebih mudah untuk mengikuti instruksi orang tua dalam merapikan mainan tersebut.

Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda terapkan ketika ingin mengajarkan si kecil merapikan mainan lego robot di rumah. Pastikan untuk tidak terlalu memaksa mereka, dan terus bujuk dengan lembut agar lebih nyaman dan senang meski harus merapikan mainan tersebut.